Terminal yang Bagus di Jawa Timur

Terminal bus adalah sebuah gerbang untuk menuju wilayah lain baik antar kota maupun antar provinsi melalui jalur transportasi darat. Di terminal menjadi tempatnya pangkalan bus-bus dari berbagai jurusan untuk berkumpul dan mendapatkan penumpang. Salah satunya adalah bus Eka Cepat yang merupakan salah satu PO. bus populer asal Jawa Timur dan melayani berbaai rute ke kota-kota di sekitarnya.

Dan yang lebih menariknya lagi, kini terminal bus pun juga memiliki fungsi tambahan sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup pas. Berbagai upaya revitalisasi dilakukan pemerintah untuk terminal-terminal sebagai bukti dari keseriusan pemerintah menyediakan tempat yang nyaman bagi pengguna transportasi darat. Salah satunya di Provinsi Jawa Timur yang memiliki beberapa terminal bagus yang tentunya menarik untuk pengguna transportasi darat yang akan bepergian baik di dalam kota maupun antar provinsi.

Salah satu terminal di Jawa Timur yang bagus dan memberikan kenyamanan bagi pengguna transportasi darat ini adalah Terminal Purbaya di Surabaya. Terminal ini disebut paling canggih di Indonesia. Dimana di dalamnya terdapat fasilitas kamera pemantau (CCTV), papan digital sebagai penunjuk jadwal keberangkatan bus. Selain itu di terminal Purbaya juga menerapkan semacam smart card yang terpasang di armada-armada busnya.

Meskipun penampilan bangunannya yang belum megah dan belum terdapat pusat perbelanjaan seperti di negara maju, terminal ini nampak serius untuk membenahi diri serta merubah penampilannya. Di Terminal Purbaya ini terdiri dari dua lantai yang berfungsi sebagai ruang tunggu. Pada tahap revitalisasi ini terminal yang awalnya hanya memiliki 7 jalur bus akan ditambah menjadi 19 jalur bus. Konsep pembangunan Terminal Purbaya ini sangat serius dengan mencontoh desain dari Bandara Internasional Incheon di Seoul, Korea Selatan.

Dengan demikian, meski di daerah-daerah Jawa Timur belum memiliki terminal yang megah dan bagus seperti halnya di Terminal Purbaya, bukan berarti pemerintah tidak melakukan revitalisasi untuk perubahan wajah dari terminal-terminal di Jawa Timur. Dimana dengan adanya revitalisasi dari terminal bus di Jawa Timur tersebut tentunya semakin memberikan kenyamanan bagi para pengguna transportasi bus untuk mengakomodasi tujuan yang akan dituju baik di dalam kota maupun antar provinsi.

 

Perjalanan Bus Jakarta-Bandung Menikmati Pemandangan

Mudik esok, tentunya ada kegiatan rutin tiap tahun yang tidak akan kami lewatkan, yaitu pulang kampung ke Bandung. Bandung adalah kampung halaman kami tempat di mana kami tumbuh besar dan sekolah hingga lulus SMA. Namun, selepas SMA, kami melanjutkan pendidikan tinggi di Jakarta. 4 tahun lamanya, akhirnya kami lulus dan mendapat pekerjaan juga di Jakarta.

Kami akhirnya tinggal di Jakarta hingga 5 tahun lamanya. Rasanya baru kemarin kami melewati jalan Dago dengan sepeda dan berseragam SMA, yah namanya waktu, pasti cepat berlalu.

Kegiatan pulang kampung alias mudik tahunan ini biasanya kami lakukan pada saat hari H-7 lebaran. Biasanya kami sudah memesan tiket bus jakarta bandung jauh-jauh hari bahkan sebulan sebelumnya agar tidak kehabisan tiket. Mengapa kami memilih bus jakarta bandung? Karena bus dari Jakarta ke Bandung ini merupakan favorit kami. Kami menyukai pemandangan selama perjalanan di dalam bus itu.

Tidak seperti kereta api, kami memang sengaja ingin menikmati bagaimana rasanya perjalanan pulang kampung dari Jakarta ke Bandung pakai transportasi darat berupa bus/travel.

Tahun ini, kami memesan tiket bus dari Jakarta ke Bandung melalui portal pemesanan tiket bus online pertama di Indonesia. Easybook.com ini menjadi favorit bagi kami untuk memesan tiket bus, karena di dalamnya tersedia banyak sekali rute yang dilayani dari berbagai perusahaan otobus terkenal dan berkualitas, karena itu saya percayakan pemesanan tiket bus pada Easybook.com.

 

Bus Jakarta-Semarang Pesan Tiketnya Sudah Online di Easybook.com

Ini adalah pengalaman dan cerita perjalanan saya yang menempuh Jakarta-Semarang dengan menumpang bus. Selain ke Semarang dengan bus, saya juga mengunjungi gunung Bromo yang terkenal itu. Bromo merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Jawa Timur dan menjadi lokasi favorit bagi para pendaki di seluruh nusantara. Selain mendaki ke gunung Bromo, saya juga sempat mencicipi masakan khas Semarang.
Tanggal 8 Agustus 2015 kemarin, saya bersama dua orang teman pergi ke Semarang dari Jakarta dengan menggunakan bus. Tiketnya seharga Rp. 250 ribu per orang dengan bus kualitas eksekutif dan nyaman. Bus Jakarta Semarang ini ternyata lumayan nyaman dan tidak terlalu mahal. Kami mulai jalan pada jam 3 sore dari terminal Kp. Rambutan Jakarta Timur.
Kami berdoa kepada Allah SWT agar tidak terjadi apa-apa selama perjalanan yang akan menghabiskan sekitar 12 jam perjalanan itu. Bus pun mulai memasuki tol Jakarta-Cikampek untuk kemudian meneruskan perjalanan ke daerah Pantura. Setelah kira-kira 2 jam perjalanan, bus mulai memasuki Rest Area untuk mengisi perut para penumpang dan juga bahan bakar bus itu sendiri. Saya dan kedua teman memutuskan sholat maghrib di mushola setempat dan kemudian membeli beberapa cemilan untuk disantap di dalam bus.

Setelah itu, bus mulai jalan kembali dan waktu telah menunjukan jam setengah tujuh malam. Kami merasa lelah dan ngantuk, jadi kami memutuskan untuk tidur sebentar. Kami tidur ayam hanya sekitar setengah jam, karena memang kurang nyaman tidur di dalam bus yang bergerak. Kami juga rada khawatir dengan barang bawaan kami, jadinya kami memutuskan untuk tidak tidur sekalian mengawasi barang bawaan kami.

Di dalam bus Jakarta Semarang ini, suasana terasa sepi karena semua penumpang berisitirahat, ada juga suara anak kecil sesekali terdengar. Meski begitu, suasana tetap kondusif dan aman terkendali. Temanku kulihat dia sedag asyik memainkan game di smartphonenya, temanku yang lain asyik mendengarkan lagu. Aku memutuskan untuk bbman saja dengan pacar. Hingga tak terasa, bus mulai memasuki derah Pantura. Di sini, jalanan agak rusak dan menganggu kenyamanan. Walaupun begitu, kami tetap menantikan bus ini membawa kami ke Semarang.

Naik Bus Jakarta-Surabaya Untuk Nyoba Rawon

makan-rawon

Kemarin weekend, aku dateng ke Surabaya sama bapaku untuk jenguk pak de yang habis operasi wasir. Aku pergi ke Surabaya menumpangi bus dari Jakarta ke Surabaya dan beli tiketnya di tiket bus online easybook.com. Kami menghabiskan sekitar 24 jam perjalanan dari Jakarta ke Surabaya naik bus malam.

Sesampainya di Surabaya, kami serasa naik pesawat ulang-alik karena lama sekali seperti tidak sampai-sampai kota Surabaya.

Badan kami sangat pegal dan kaku, serasanya ingin selonjoran selama seminggu. Tapi untungnya, kami bisa beristirahat di rumah Pak De Edy. Kami beristirahat, aku langsung tidur selama 2 jam karena badan sangat lelah sekali.

Esoknya, setelah kami sudah merasa bugar dan segar karena telah tidur seharian, kami langsung disuguhi sarapan khas Surabaya, sambil ngobrol-ngobrol antara Bapak dan Pak De, aku sih mendengarkan saja. Setelah ngobrol-ngobrol, akhirnya aku dan anaknya pak de yang ayu itu jalan-jalan menikmati suasana kota Surabaya kala sore.

Anaknya pak de yang bernama Sutinem itu akhirnya ngajak aku makan rawon setan yang katanya bener-bener maknyus. Aku yang baru pertama kali denger makanan yang namanya rawon setan langsung mengeryitkan dahi seakan ndak percaya kalo rawon setan itu bener adanya. Aku ikutin aja si Sutinem melangkah menuju rawon setan surabaya yang enak itu.

Akhirnya, kita sampe ke restoran yang katanya menu rawon setannya bener-bener mantap di lidah. Restoran yang udah melegenda itu katanya sudah buka sejak tahun 1957, wah itu sih sebelum bapak aku lahir.

Ndak lama setelah memesan, akhirnya rawonnya datang juga dan siap disantap. Nasinya yang pulen dan rasa rawonnya yang manis hangat ternyata memang benar, MAKNYUS!!! Aku makan lahap sekali, tapi rasanya malu saat si Sutinem tersenyum melihat aku makan seperti orang kelaparan, hahaha. Kalo ada rate, aku kasih rate 5 deh untuk rawon setan ini, yummy!!!!

Mengapa Naik Bus ke Kudus?

??????????????????????

Kudus menjadi salah satu kota pilihan tujuan perjalanan wisata pada musim liburan akhir tahun. Hal ini dikarenakan sudah sangat terkenal karena potensi wisata dan sejarahnya yang sangat menarik. Perjalanan terbaik ke Kudus dapat menggunakan bus. Lalu kenapa menggunakan bus? Banyak rekan saya yang pada saat itu malah mempertanyakan rencana perjalanan dengan bus ke Kudus, alasannya, bukankah ada banyak pilihan jalur darat yang bisa ditempuh, seperti menggunakan kereta api yang nanti menuju Semarang lalu baru dilanjutkan ke Kudus? Atau sekalian naik pesawat saja ke Semarang? Nah, menurut saya, naik bus itu sangat menyenangkan dan merupakan pilihan terbaik ke Kudus.