Naik Bus Jakarta-Surabaya Untuk Nyoba Rawon

makan-rawon

Kemarin weekend, aku dateng ke Surabaya sama bapaku untuk jenguk pak de yang habis operasi wasir. Aku pergi ke Surabaya menumpangi bus dari Jakarta ke Surabaya dan beli tiketnya di tiket bus online easybook.com. Kami menghabiskan sekitar 24 jam perjalanan dari Jakarta ke Surabaya naik bus malam.

Sesampainya di Surabaya, kami serasa naik pesawat ulang-alik karena lama sekali seperti tidak sampai-sampai kota Surabaya.

Badan kami sangat pegal dan kaku, serasanya ingin selonjoran selama seminggu. Tapi untungnya, kami bisa beristirahat di rumah Pak De Edy. Kami beristirahat, aku langsung tidur selama 2 jam karena badan sangat lelah sekali.

Esoknya, setelah kami sudah merasa bugar dan segar karena telah tidur seharian, kami langsung disuguhi sarapan khas Surabaya, sambil ngobrol-ngobrol antara Bapak dan Pak De, aku sih mendengarkan saja. Setelah ngobrol-ngobrol, akhirnya aku dan anaknya pak de yang ayu itu jalan-jalan menikmati suasana kota Surabaya kala sore.

Anaknya pak de yang bernama Sutinem itu akhirnya ngajak aku makan rawon setan yang katanya bener-bener maknyus. Aku yang baru pertama kali denger makanan yang namanya rawon setan langsung mengeryitkan dahi seakan ndak percaya kalo rawon setan itu bener adanya. Aku ikutin aja si Sutinem melangkah menuju rawon setan surabaya yang enak itu.

Akhirnya, kita sampe ke restoran yang katanya menu rawon setannya bener-bener mantap di lidah. Restoran yang udah melegenda itu katanya sudah buka sejak tahun 1957, wah itu sih sebelum bapak aku lahir.

Ndak lama setelah memesan, akhirnya rawonnya datang juga dan siap disantap. Nasinya yang pulen dan rasa rawonnya yang manis hangat ternyata memang benar, MAKNYUS!!! Aku makan lahap sekali, tapi rasanya malu saat si Sutinem tersenyum melihat aku makan seperti orang kelaparan, hahaha. Kalo ada rate, aku kasih rate 5 deh untuk rawon setan ini, yummy!!!!

Mengapa Naik Bus ke Kudus?

??????????????????????

Kudus menjadi salah satu kota pilihan tujuan perjalanan wisata pada musim liburan akhir tahun. Hal ini dikarenakan sudah sangat terkenal karena potensi wisata dan sejarahnya yang sangat menarik. Perjalanan terbaik ke Kudus dapat menggunakan bus. Lalu kenapa menggunakan bus? Banyak rekan saya yang pada saat itu malah mempertanyakan rencana perjalanan dengan bus ke Kudus, alasannya, bukankah ada banyak pilihan jalur darat yang bisa ditempuh, seperti menggunakan kereta api yang nanti menuju Semarang lalu baru dilanjutkan ke Kudus? Atau sekalian naik pesawat saja ke Semarang? Nah, menurut saya, naik bus itu sangat menyenangkan dan merupakan pilihan terbaik ke Kudus.